4 Penyakit yang Paling Bisa Disebarkan Karena Pencemaran Lingkungan

Saat pencemaran sudah terjadi di suatu tempat maka yang akan terjadi tentunya adalah bencana.

Selain bencana akan menyerang daerah yang sudah tercemar, penyakit pun akan ikut mewabah di daerah yang banyak pencemarannya.

Jika penyakit sudah sampai mewabah, pasti akan banyak kerugian yang didapat. Ketidaknyamanan untuk tinggal di sekitar lingkungan tercemar pun akan ada.

Makanya penting bagi kita minimal mau untuk memperhatikan lingkungan kita sendiri. Nah supaya kita tahu, di sini kita akan tuliskan beberapa penyakit yang akan timbul saat ada yang namanya pencemaran. Ini dia :

  1. Kolera

Kolera adalah salah satu penyakit yang pasti timbul pada daerah yang sudah tercemar. Kolera sendiri dibawa oleh bakteri Vibrio Cholera yang menyerang usus kecil.

Jika penderita sudah sampai terserang penyakit ini, maka gejala yang akan dirasakan adalah mual, muntah, diare, keram perut, dan kekurangan cairan.

Penyakit kolera ini lebih mudah mewabah pada daerah – daerah yang kotor.

  1. Cacingan

Lingkungan kotor juga akan mudah mendatangkan penyakit yang biasanya paling sering menyerang anak kecil yaitu cacingan.

Jika kita sudah terkena cacingan pasti cacing di dalam tubuh itu akan memakan sumber gizi yang ada pada tubuh kita.

Pada akhirnya ketika sudah terjadi cacingan, maka akan menurunkan berat badan. Anak yang terkena cacingan juga bisa mengalami gangguan pertumbuhan.

  1. Diare

Nah yang paling sering mewabah pada lingkungan yang kotor dan tercemar adalah diare. Biasanya penyakit diare itu ditimbulkan oleh bakteri E-coli.

Jangan pernah menyepelekan penyakit ini ya. Karena jika penderitanya adalah bayi atau balita malah bisa menyebabkan kematian.

Untuk pertolongan pertamanya kita bisa menggunakan oralit untuk kita minum. Oralit merupakan air matang yang diberi gula dan juga garam.

  1. Tifus

Tifus juga bisa datang pada daerah – daerah yang tercemar dan kotor. Penyakit ini dibawa oleh Salmonella Typhi .

Bakteri ini biasanya dibawa oleh hewan lalat. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tifus ini adalah deman tinggi, muntah, sakit kepala, sakit perut, sembelit, dll.

Maka dari itu pastikan kita menjaga lingkungan supaya tidak ada wabah yang menyerang dan merugikan diri kita sendiri.

Ayo buang sampah sesuai pada tempatnya dan pastikan kita menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Updated: March 20, 2020 — 9:34 am